senja 17 Headline...

karakter_Entrepreneur
Untuk bisa meraih kesuksesan, seorang entrepreneur wajib memiliki karakter-karakter perilaku tertentu. Sebab, seorang entrepreneur merupakan manusia pilihan yang tampil berbeda dibanding dengan manusia kebanyakan. Mereka tentunya memiliki keunggulan-keunggulan.
Geoffrey G. Meredith, seorang ekonom dunia mengemukakan karakteristik yang harus dipunyai seorang entrepreneur yang sukses. Karakter tersebut antara lain:

* Percaya diri
Seorang entrepreneur harus memiliki keyakinan diri atas kemampuan yang ia miliki dalam menjalankan bisnisnya maupun dalam menghadapi masalah-masalah yang harus dihadapinya saat menjalankan bisnisnya tersebut. Keyakinan diri ini juga harus dibarengi dengan sikap kemandirian dan rasa optimisme.

* Berorientasikan tugas dan hasil
Seorang entrepreneur sejati senantiasa memiliki tujuan-tujuan  tertentu yang ia tetapkan dalam meraih hasil maksimal bagi bisnisnya. Dan, sebagai seorang pelaku bisnis, tentu laba menjadi salah satu tujuan utama. Dalam usaha mencapai tujuan-tujuan yang ada, seorang entrepreneur harus memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan penuh inisiatif.

* Pengambil risiko
Seorang entrepreneur harus berani mengambil resiko, bahkan suka akan tantangan.

* Kepemimpinan
Seorang entrepreneur harus mampu bertindak sebagai pemimpin. Ia harus bisa menempatkan dirinya di tengah para bawahannya dengan baik, maupun dengan berbagai pihak luar yag harus ia temui setiap harinya berkaitan dengan bisnis yang dijalani.

* Keorisinilan
Seorang entrepreneur harus memiliki kreativitas tinggi dan mampu menciptakan inovasi-inovasi dalam usahanya. Tanpa adanya kreativitas untuk menciptakan ide-ide orisinil, tentu seorang entrepreneur tidak akan bisa bertahan dalam dunia persaingan bisnis.

* Berorientasi masa depan.
Seorang entrepreneur tidak boleh terjebak dengan pemikiran sempit dan rencana-rencan jangka pendek saja. Ia wajib memiliki rencana jangka panjang dan cara berpikir yang berorientasi terhadap kelangsungan bisnisnya di masa depan.

* Mau menerima kritik
Seorang entrepreneur sejati tidak menganggap kritik sebagai suatu hal yang menakutkan. Kritik merupakan masukan berarti untuk memperbaiki diri.

Sementara itu, ahli ekonom lainnya, M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer mengemukakan delapan karakteristik yang harus dimiliki seorang entrepreneur:
1. Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya.
2. Lebih memilih risiko yang moderat.
3. Percaya akan kemampuan dirinya untuk berhasil.
4. Selalu menghendaki umpan balik yang segera.
5. Berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan.
6. Memiliki semangat kerja dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik.
7. Memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.
8. Selalu menilai prestasi dengan uang.

Dalam mencapai keberhasilannya, seorang entrepreneur memiliki karakteristik-karakteristik tertentu. Buku "Enterpreneurship and Small Enterprise Development Report" menitikberatkan tiga karakter yang dimiliki seorang entrepreneur yang sukses.
* Proaktif
Memiliki inisiatif dalam berbisnis dan tegas saat membuat keputusan.

* Berorientasi prestasi
Tercermin pada cara pandang dan tindakan yang diambil saat peluang bisnis ada di depan mata. Entrepreneur yang sukses juga menyadari pentingnya efisiensi dalam menjalankan bisnis, mengutamakan kualitas dalam pelaksanaan pekerjaan, memilki kemampuan perencanaan yang baik dan tidak melupakan arti penting dari pengawasan.

* Komitmen terhadap pihak lain
Kesuksesan seorang entrepreneur juga dipengaruhi kemampuannya dalam memenuhi komitmen terhadap pihak lain, misalnya dalam kontrak bisnis.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...