senja 17 Headline...

Siswa SMA Ubah Urin Jadi Bahan Bakar


Malang | -Nurul Inayah Ba'da Maulidya, siswa peneliti Photo Electro System berhasil mengubah urine menjadi listrik penggerak mobil listrik. Siswa SMA ini akrab dengan karya ilmiah sejak duduk di bangku SMP Negeri 2 Kota Pasuruan. Awalnya, ia mengikuti lomba karya ilmiah bertema pengaruh asupan makanan terhadap kecerdasan anak. "Tapi gagal meraih juara," kata Nurul, Jumat, 4 Mei 2012.

Namun, kegagalan tersebut memacunya terus berkarya dan berinovasi. Ia pun aktif terlibat dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah dan organisasi pemuda pelajar. Diantaranya aktif dalam kampanye bahaya merokok, narkoba dan HIV/Aids.

Lantas, sejak bersekolah di SMA Negeri 10 Malang ia terlibat aktif mengikuti Dewan Riset Muda. Dewan ini beranggotakan siswa yang gemar melakukan berbagai penelitian. Sejumlah penelitian telah dihasilkan serta mendapat penghargaan Internasional. Salah satunya adalah karyanya Photo Electro System yang ditelitinya bersama Nando Novia Hari Saputra.

Perempuan berjilbab ini suka berdiskusi dengan teman-temannya disela waktu senggang. Termasuk saat berada di asrama SMA Negeri 10 Malang. Berbagai tema menarik mulai soal isu agama hingga persoalan sosial menjadi tema diskusi hariannya. Sedangkan saat sendirian di kamar ia memilih belajar sains.

Inayah mengaku menyukai pelajaran sains seperti pelajaran Fisika dan Kimia. Berbagai lomba teknologi diikutinya bersama Nando antara lain Olimpiade Penelitian Sains Indonesia (OPSI) Kementerian Pendidikan Nasional. Dalam lomba tersebut mereka meneliti gas hidrogen untuk meningkatkan kadar oktan bahan bakar minyak. "Tapi tak dapat juara," katanya.

Selain itu, ia juga mengikuti lomba karya ilmiah yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Mereka meneliti tempat sampah yang menghasilkan kompos, pupuk cair dan gas metana. Lagi-lagi, keikutsertaannya dalam lomba tak mendapatkan hasil.

Tak putus asa, keduanya kembali mengikuti OPSI dengan karyanya Photo Electro System yang mengubah urin jadi bahan bakar. Hasilnya, ia mendapat medali perak dan mewakili Indonesia dalam lomba teknologi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Georgia pada 27-29 April 2012. Mereka berhasil mendapat medali emas dan menyisihkan 101 peserta dari 40 Negara.| Tempo.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...