senja 17 Headline...

Kemewahan Pesawat Kepresidenan Indonesia













interior BBJ 2/ www.aerospace-technology.com


Jakarta - Pesawat Boeing Business Jet (BBJ) 2 tahun depan sudah bisa membawa terbang Presiden RI. Pesawat ini dikenal akan kemutakhiran dan kemewahannya. Tak heran pesawat ini digunakan sebagai pesawat pribadi kalangan korporat dan kepresidenan beberapa negara. Seperti apa kemewahannya?

Dikutip dari http://www.aerospace-technology.com, kabin BBJ 2 luasnya lebih dari 93 meter persegi. Pesawat generasi baru ini dapat mengangkut sampai dengan 78 penumpang dan dilengkapi dengan lounge eksekutif dan private suite.

Interior pesawat biasanya mencakup kantor eksekutif, ruang konferensi, kantor pribadi dan kamar tidur. Selain bisa menambahkan area duduk atau tidur untuk staf dan keluarga, bisa juga diciptakan suasana yang lebih personal di dalam pesawat. Misalnya dengan melengkapi pesawat dengan ruang keluarga, ruang makan, sebuah kamar tidur utama yang nyaman dengan kamar mandi, atau dua kamar tidur dengan dua kamar mandi.

Di kabin belakangnya terdapat kursi-kursi penumpang yang bisa diubah jadi tempat tidur. Bahkan bisa dibuat gymnasium untuk berolahraga di dalam pesawat.

Di ruang kokpit dilengkapi layar monitor untuk memantau jalannya penerbangan. Dilengkapi pula dengan dual GPS build in dan instrument landing system (ILS). Ada pula sistem panduan penerbangan dengan tampilan canggih untuk memudahkan pilot dan kopilotnya. Tak lupa ada sistem komunikasi untuk mendukung kerja pilot.

Pesawat juga dilengkapi cockpit voice recorder (CVR) yang mampu merekam selama 120 menit dan flight data recorder (FDR) yang dipasok oleh L-3 Communications.

Selain mewah, pesawat ini juga bisa mendarat di bandara kecil dan dapat terbang nonstop selama 10 jam. Pesawat ini memiliki 3 hingga 10 tangki bahan bakar tambahan.

Harga pesawat tersebut mencapai US$ 58 juta alias Rp 525 miliar. Pemerintah mengklaim berhasil menawar dari harga penawaran sebelumnya yang mencapai US$ 62 juta. Saat ini pemerintah telah mengundang 4 perusahaan asal AS untuk mengukuti tender pengerjaan interior dan sistem keamanan.(sumber)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...