senja 17 Headline...

3 CARA ALAMI ATASI SAKIT TENGGOROKAN



Udara kering di cuaca dingin dapat membuat tenggorokan gatal dan memicu penyakit tenggorokan. Tapi untungnya, resep pelega tenggorokan dapat dengan mduah ditemukan di lemari dapur.

“Obat alami adalah solusi yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, banyak obat alami untuk sakit tenggorokan dapat dibuat di rumah. Artinya, tidak harus keluar rumah dalam cuaca dingin,” kata Benjamin Asyer, MD, PC, anggota Committee on Complementary and Integrative Medicine di bagian bedah kepala dan leher American Academy of Otolaryngology.

Berikut adalah tiga cara untuk mengatasi tenggorokan sakit seperti dilansir Prevention.com

1. Lapisi tenggorokan dengan madu dan air hangat

Satu sendok makan madu yang dicampur air hangat dan lemon adalah obat alami yang baik. Ramuan tersebut dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam atau larutan lain akan membantu mengurangi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi udara kering atau alergi. Dalam sebuah penelitian di India, pasien yang dipasangi tabung trakea setelah operasi diminta berkumur dengan campuran satu sendok teh licorice dicampur 8 ons air. Hasilnya, campuran tersebut berhasil mengurangi tingkat keparahan sakit tenggorokan dibandingkan pasien yang berkumur dengan air biasa.

Campuran licorice tersebut dapat digunakan sebagai minuman ataupun sebagai obat kumur. Berkumur dengan cuka sari apel organik juga efektif, sebab dapat membersihkan tenggorokan namun tidak sekeras cuka lainnya. Satu sendok wiski bourbon dicampur segelas air hangat juga dapat digunakan untuk berkumur. Campuran ini mematikan bakteri sekaligus menenangkan tenggorokan pada saat yang sama.

3. Mencegah kekambuhan

“Pencegahan adalah obat terbaik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus,” kata Dr Asyer.

Misalnya, sakit tenggorokan di pagi hari bisa disebabkan oleh kekeringan akibat bernapas melalui mulut pada malam hari, atau bisa juga dipicu oleh kenaikan asam lambung saat sedang tidur.

Pelembab dapat mengatasi udara kering. Selain itu, aturlah tempat tidur atau bantal agar kepala sedikit terangkat sehingga dapat mencegah sakit tenggorokan akibat kenaikan asam lambung. Jangan abaikan sakit tenggorokan yang telah berlangsung lebih dari seminggu, sebab bisa jadi pertanda dari masalah serius.

“Jika mengalami rasa nyeri yang parah dan menyebabkan sulit menelan, temui dokter. Jika mengalami nyeri yang terpusat pada satu sisi tenggorokan, segera carilah nasihat dari profesional kesehatan. Perokok yang lama mengalami sakit tenggorokan harus segera ke dokter,” kata Dr Asyer.

(Sumber: Detik.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...