senja 17 Headline...

Alternatif untuk Aplikasi Default di Android

Alternatif untuk Aplikasi Default di Android
Tidak salah jika Anda tidak ingin mengganti aplikasi bawaan Android. Tapi ada baiknya Anda mencermati aplikasi alternatif ini karena mereka bisa berfungsi lebih baik dari aplikasi default yang ada di Android.

1. Browser

Browser yang ada di Android telah mengalami banyak perubahan dari versi aslinya. Bahkan sekarang telah memiliki fungsi multi-touch zooming, webpage rendering yang lebih cepat, dan secara keseluruhan performanya lebih halus. Namun harus diakui bahwa interface yang ditampilkan agak terlalu rumit dan kaku. Untuk itu Anda bisa menggantinya dengan salah satu dari browser di bawah ini:

- Dolphin HD | gratis
Dolphin HD memberikan tampilan seperti browser desktop namun tetap merupakan mobile browser. Anda bisa mendapatkan semua fitur mulai dari quick-tabbed browsing dan tema yang bisa didownload sampai add-ons dan gestures. Selain itu Dolphone HD juga support Flash.

- Opera Mobile | gratis
Seperti halnya Dolphin HD, Opera Mobile juga memberikan semua fiturnya untuk kemudahan akses web di mobile devices. Jika Anda telah sering menggunakan Opera browser di desktop, Opera Mobile tidak akan menjadi masalah rumit bagi Anda. Browser ini akan membantu Anda sinkronisasi browsing history, bookmarks dan password antara mobile browser dan desktop browser dengan memanfaatkan fitur Opera Link. Ada juga Opera Mini yang mampu menangani semua data dan proses render melalui server miliknya sebelum meng-kompres semua data itu ke device Android yang Anda pakai. Hal tersebut akan memberi keuntungan pada Anda karena transfer data menjadi lebih ringan dan browsing speed menjadi lebih tinggi.

- Firefox | gratis
Selain versi desktop Anda juga bisa menemukan Firefox versi Android. Ada banyak add-ons yang akan sangat Anda perlukan dan Anda juga bisa sinkronisasi dengan desktop browser. Tab yang ada tidak sebaik Dolphon HD namun Firefox memiliki speed yang sangat baik saat rendering web pages.

2. SMS Apps
Aplikasi Messaging defaul di Android mampu mengatur semua jenis pesan teks yang Anda butuhkan. Namun tidak banyak hal lain yang bisa ditawarkan pada Anda. Tidak ada fitur seperti Group messaging bahkan MMS juga sangat terbatas. Jika Anda ingin fitur yang lengkap di pengaturan SMS dan MMS, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi alternatif seperti berikut:

- Handcent SMS | Gratis
Saat ini aplikasi SMS paling populer untuk Android adalah Handcent SMS. Ada pilihan untuk mengganti tema, ada group messaging, spellchecker, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan sejumlah layanan Messages seperti pesan gambar resolusi tinggi.

- ChompSMS
ChompSMS saat ini bersaing ketat dengan Handcent untuk menarik pengguna Android sebanyak mungkin. Di ChompSMS bisa Anda temukan widget dan fitur popup juga integrasi dengan TextFreak; sebuah solusi SMS gratis untuk Android, iOS dan BlackBerry.

3. Email
Gmail memang tidak ada bandingannya. Namun Anda harus tahu bahwa aplikasi Gmail hanya bisa bekerja untuk akun Gmail Anda. Itu berarti Anda tidak bisa mengirim dan menerima email dari akun selain Gmail. Untuk mengatasinya bisa saja Anda setting melalui Account Imports melalui desktop. Anda akan temukan ‘Send mail as’, lalu klik tombol ‘Send mail from another address’ dan ikuti perintah selanjutnya. Jika Anda mengerti mail server SMTP info, Anda bisa route semua email dari mail server milik Anda. Namun jika tidak mau repot, Anda bisa menggantinya dengan K-9 Mail.

- K-9 Mail | gratis
Tidak semua akun email kompatibel dengan semua metode Gmail di atas. Jika Anda tidak bisa menemukan apa yang Anda inginkan dalam Gmail, maka Anda bisa menggunakan K-9 Mail sebagai penggantinya. Ini adalah aplikasi email terbaik untuk Android. Selain pas dengan sistem Gmail, K-9 Mail juga menawarkan fitur lain seperti attachment management, sinkronisasi email ke SD card, POP3 dan IMAP supports, popup notificatons dan mampu menghandle banyak akun email.

4. Kamera
- Camera Zoom FX | $4,88
Salah satu komplain terbesar tentang Android adalah pada aplikasi kamera. Aplikasi kamera pada Android bisa disebut kosong akan fitur termauk digital zoom dan timer. Dengan Camera Zoom FX Anda akan mendapatkan banyak pilihan filter, digital zooming, shutter timer, geo-tagging dan bahkan image stabilization. Well, aplikasi ini memang tidak gratis namun semua itu sesuai dengan fitur dan fungsi yang ditawarkan.

5. Music
Seperti halnya browser bawaan Android, music player juga telah mendapatkan banyak sekali perbaikan dan optimasliasi fungsi. Player menjadi aplikasi yang sangat penting karena akan bisa digunakan untuk memainkan lagu-lagu di cloud melalui Google Music Beta yang mampu memuat 20.000 lagu. Sangat keren tapi aplikasi ini tidak cukup memiliki desain yang teratur. Dan jika digunakan untuk 20.000 lagu, pastinya akan membawa masalah bear. Anda bisa memilih salah satu music player ini sebagai alternatif:

- WinAmp | gratis
Yep, WinAmp tidak hanya untuk Windows. Bahkan popularitas aplikasi ini kini terangkat kembali karena Android. WinAmp for Android memang tidak bisa menghubungkan bermacam cloud berdasar music storage namun aplikasi ini mampu mencari music library Anda dan mampu menyajikannya dengan apik dan teratur. WinAmp juga menawarkan SHOUTcast streaming, wireles syncing dan bahkan download musik gratis.

- Doubletwist Player
Seperti halnya Winamp, DoubleTwist juga memiliki fitur tambahan seperi wireles sync, internet radio, dan music/video streaming.

- MX Video Player | gratis
Kurangnya codec support untuk hampir semua format video menyebabkan aplikasi video Android kurang diminati. Gallery, default video app di Android, memang bisa memutar sejumlah format video namun namun AVI dan H.264 biasanya bermasalah. Sebagai gantinya Anda bisa install MX Video Player yang menawarkan hardware dan software decoding.

6. Kalkulator
Jika yang Anda perlukan adalah aritmetika sederhana maka kalkulator default di Android telah cukup membantu. Namun jika Anda sering berkutat dengan angka-angka dan penghitungan matematika yang rumit, Anda perlu install aplikasi kalkulator lain.

- RealCalc Scientific Calculator | gratis
Aplikasi ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kalkulator dengan fungsi lengkap. Selain itu ada fitur tambahan seperti konversi dan result history.

- HandyCalc | gratis
Aplikasi ini mampu berbuat lebih dari RealCalc. Selain memiliki fitur nilai tukar mata uang real-time dan konversi, HandyCalc juga memberikan grafis 2D, penghitungan aljabar, dan bahkan mampu menjawab soal persamaan aljabar.

Nah, kini Anda sudah punya alternatif untuk mengganti aplikasi default bawaan Android. Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda ;)

Source
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...