senja 17 Headline...

8 Cara Pelihara Kebugaran Mental


otak098

Para ilmuwan dulu berpendapat bahwa otak telah terbentuk sempurna saat masa kanak-kanak awal dan kemudian mati satu persatu saat manusia menua. Salah! Asumsi yang telah lama diyakini itu kini diganti dengan sebuah temuan penelitian baru yang melibatkan burung peniru yang belajar seumur hidupnya. Ternyata proses neurogenesis di mana sel baru dilahirkan tidak pernah untuk berhenti.

Berikut adalah sejumlah strategi yang bisa Anda pakai untuk membuat otak Anda tetap setajam sebelumnya atau bahkan lebih!

Pelajari ketrampilan baru
Jangan berhenti belajar meski usia telah menanjak! Dengan terus menerus belajar tanpa memandang usia, otak akan terus aktif. Anda bisa mengikuti sebuah kursus di bidang baru yang Anda belum kuasai di malam hari setelah pulang kerja atau saat akhir minggu. Kursus itu bisa berupa kursus memasak, catur, origami, film, mengedit video, menulis otobiografi, membuat perhiasan, dan melukis. Pilihan lain ialah dengan mengikuti kursus secara online yang bisa menyesuaikan keinginan Anda selama waktu luang tersedia. Dengan begitu, biaya transportasi bisa dihemat. Anda bisa juga mempertimbangkan untuk belajar bahasa asing.

Selalu bergaya hidup aktif
Beranjaklah dari kursi Anda! Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang menua tetapi berolahraga secara rutin memiliki kesehatan mental yang lebih baik, lebih jarang lupa, dan merasa bugar secara mental. Berjalan cepat bisa jadi alternatif, atau jika ingin sesuatu yang baru, cobalah klub dansa atau sanggar tari di sekitar Anda. Jika Anda tinggal dekat perairan, berenang atau menaiki kayak mungkin kegiatan yang menyenangkan. Setidaknya dalam seminggu, kita melakukan 3 kali kegiatan fisik intens yang membuat otak terus aktif dan memberikan manfaat bagi jiwa dan tubuh.

Makan makanan yang menyehatkan otak
Daging ikan segar ialah pilihan terbaik. Salmon liar terutama, karena ia adalah sumber terbaik asam lemak omega 3 yang menyuplai protein berkualitas tinggi dan rendah lemak jenuh. Namun, jika salmon tidak ada, ikan lainnya yang berminyak bisa dikonsumsi. Makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk sehatkan otak ialah buah blueberry, cranberry, alpukat, pisang, kacang, beras merah, telur, biji labu, tomat dan bayam. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen multi-vitamin. Teh hijau dan kopi juga memberikan manfaat bagi otak.

Nikmati kegiatan di waktu luang
Memiliki sebuah kegiatan di luar pekerjaan adalah sesuatu yang patut dimiliki karena bisa menambah warna hidup kita. Saat hidup kita membosankan dan terlalu monoton, otak akan bekerja lebih sedikit. Jika Anda cenderung terlalu suka bekerja, berikan sedikit waktu luang bagi diri sendiri. Menonton TV tidak bisa disebut sebagai kegiatan pengisi waktu luang yang ideal karena itu pasif. Olahraga sangat bagus karena kita juga akan sehat secara fisik. Namun jangan lupa bahwa catur atau monopoli juga bisa menyehatkan otak juga. Intinya adalah selalu usahakan membuat otak segar dengan beragam aktivitas menyenangkan dan baru.

Tutup salah satu indra Anda
Ini ialah salah satu kiat dari ahli biologi syaraf Universitas Duke, Lawrence Katz, yang menemukan kata “neurobics”, sebuah gabungan antara “neuron” dan “aerobics”. Dalam bukunya yang ditulis bersama Manning Rubin berjudul “Keep Your Brain Alive”, ia menyarankan bahwa Anda harus “mengalami hal tak terduga” dengan mencoba tidak menggunakan salah satu indra kita, misalnya menutup mata saat melakukan kegiatan atau mengenakan penutup lubang telinga saat makan agar bisa merasakan rasa dan tekstur makanan. Katz menegaskan bahwa semua hal yang kita lakukan untuk membuat pengalaman baru untuk otak kita akan membuatnya bekerja lebih keras. Seperti layaknya otot, otak juga perlu dilatih terus agar tetap berfungsi baik.

Tertawalah
Penelitian menunjukkan bahwa humor merangsang otak dan membuatnya tetap tajam. Dengan tertawa dan ceria, proses berpikir akan lebih lancar dan efeknya berlangsung selama beberapa jam. Caranya bisa dengan menuliskan cerita atau pengalaman humor di blog atau catatan harian Anda. Gunakan foto-foto konyol sebagai screensaver. Berkumpullah dengan orang-orang yang menyenangkan dan cerdas yang senantiasa membuat Anda tersenyum.

Tantanglah otak
Menjawab teka-teki silang ialah kegiatan yang bisa membuat Anda tetap bugar secara mental dengan memaksanya menggali informasi dalam ingatan. Menghafalkan lirik lagu, ayat-ayat kitab suci, kutipan dari tokoh idola, memainkan permainan scrabble dan sebagainya.

Bersosialisasi secara intens
Dengan berkumpul dengan teman, relasi, atau mengenal orang baru, otak ‘dipaksa’ untuk terus aktif. Mengingat nama, wajah, dan detil-detil personal lainnya dari setiap orang yang pernah kita kenal adalah sebuah tantangan tersendiri, apalagi jika Anda sudah cukup berumur.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...