senja 17 Headline...

Berbagai Kegilaan Karena Facebook


Barangkali memang sekarang adalah eranya Facebook, sehingga kadangkala jejaring sosial itu begitu berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa pengaruh Facebook dalam kehidupan manusia:

Memberi nama anak dengan Facebook. Di Mesir seorang pemuda memberi nama anak perempuan pertamanya Facebook. Adalah Jamal Ibrahim yang kemudian memberikan nama bagi putrinya tersebut dengan nama Facebook Jamal Ibrahim. Alasan pemuda itu adalah karena Facebook memang sedang naik daun di Mesir, sebab selama proses penggulingan Presiden Hosni Mubarak telah berjasa memobilisasi massa sebelum melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran di Tahrir Square.

Menato teman Facebook di tubuh. Seorang wanita Belanda mungkin sangat menghargai jalinan pertemanannya di dunia maya, sehingga dia membuat tato di hampir seluruh bagian lengannya dengan gambar foto profil 152 teman Facebooknya. Wanita yang tidak disebutkan namanya ini membuat tato di Rotterdam oleh seorang seniman tato setempat bernama Dehvyathe Xaviera Moelker.

Inggris rugi milyaran pound karena Facebook. Jejaring tenaga kerja Inggris, MyJobGroup.co.uk melakukan jajak pendapat terhadap 1.000 pekerja Inggris dan mendapati bahwa hampir enam persen atau 2 juta dari 34 juta tenaga kerja di negeri tersebut menghabiskan waktu lebih dari satu jam per hari di jejaring sosial sewaktu mereka di tempat kerja. Dan sebagai akibat hilangnya jam kerja di Facebook, Twitter dan jejaring lain media sosial dapat berpotensi membuat Inggris menderita kerugian sampai 14 miliar pound (22,16 miliar dolar AS).

Prancis melarang kata Facebook di tv dan radio. Pemerintah Prancis membuat kontroversi dengan melarang penyebutan kata 'Facebook' dan 'Twitter' dilafalkan di televisi atau radio. Perancis sepakat dengan keputusannya yang menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan komersial tidak boleh dipromosikan di program berita. Sebagai akibatnya siaran di televisi maupun di radio sejak saat ini tidak diperbolehkan untuk merujuk pada situs jejaring sosial yang populer dan fenomena microblogging, kecuali jika memang penting dan relevan dengan dalam berita.

700 juta populasi penduduk Facebook. Sebuah lelucon menyatakan bahwa saat ini jumlah populasi penduduk Facebook hanya kalah oleh China dan India. Menurut analisa jumlah pengguna Facebook dalam waktu singkat akan segera mencapai angka 700 juta user. Sedangkan negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia adalah Amerika Serikat dengan sekitar 149 juta pengguna, disusul Indonesia, Inggris, Turki dan India.

Fatwa haram Facebook. Sebagai akibat maraknya situs jejaring social ini dalam beberapa tahun terakhir ini membuat muncul wacana dari para ulama di Jawa Timur untuk memberikan fatwa haram bagi Facebook. Rupanya booming Facebook di Indonesia juga mengundang kekhawatiran sekira 700 tokoh muslim di Surabaya. Mereka menilai menjamurnya jejaring sosial tersebut dirasa akan memberikan dampak negatif bagi generasi muda Muslim di Indonesia, dan dapat disalahgunakan untuk hal-hal yang negative seperti transaksi seks terselubung. (ill: loveistoshare.blogspot.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...