senja 17 Headline...

Tips Membeli Smartphone Dengan Dana Minim


Semua orang pasti ingin memiliki sebuah smartphone atau ponsel pintar zaman sekarang. Tetapi semua mengira smartphone itu mahal karena melihat fungsinya yang bisa memenuhi segala kebutuhan kita dalam berkomunikasi. Jangan salah, sekarang juga sudah banyak smartphone yang harganya terjangkau.

Jeruknipis ingin berbagi tips: Apa kiat-kiatnya dalam membeli smartphone apabila dana terbatas. Berikut tipsnya:

Pilih platform atau system operasi yang anda inginkan misalnya BlackBerry, Android, Symbian dan lain-lain.
Apabila memilih BlackBerry berarti pilihan smartphone hanya tertuju pada 1 brand yaitu BlackBerry. Apabila dana Anda terbatas tidak lebih dari 2juta, tipe 8520 Gemini bisa menjadi pilihan.
Apabila pilihan Anda adalah brand seperti Samsung, LG, HTC, Motorola, Sony Ericsson, Nokia dan lain-lain, anda mempunyai beberapa pilihan system operasi seperti Android dan Symbian. Khusus Symbian sekarang ini hanya di adopsi oleh Nokia.
Untuk Sistem operasi Android, sekarang ini sedang marak di bicarakan. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini juga disematkan pada smartphone yang berharga di bawah Rp 2 juta. Apabila ingin membelinya, pilihlah system operasi yang minimal menggunakan versi 2.2 Froyo. Akan lebih baik kalau sudah yang menggunakan sistem operasi 2.3 Gingerbread.
Untuk system operasi Symbian, banyak sekali pilihannya. Harga dibawah 2 juta saja anda sudah bisa mendapatkan model touchscreen, maupun keypad QWERTY yang sudah support email, chat, WiFi, Bluetooth, GPS dan beberapa fitur canggih lainnya.

Tidak hanya system operasi yang harus diperhatikan, tetapi spesifikasi juga penting. Karena semakin tinggi spesifikasi, maka akan semakin mahal harga smartphone tersebut. Misal: Prosesor, prosesor grafis, RAM, kamera dan sebagainya. Apabila harga smartphone tersebut dibawah 2 juta, biasanya yang disematkan prosesor tidak lebih dari 800Mhz, kamera tidak lebih dari 3.2 MP, layar besarnya tidak lebih dari 3.5 inci dengan resolusi rendah dan masih resistive. Akan lebih baik apabila layar sudah menggunakan jenis capacitive. Biasanya juga tersedia memorycard tipe MicroSd dalam paket penjualan minimal berkapasitas 1GB.
Sebenarnya banyak produsen-produsen smartphone yang berasal dari tirai bambu dan keluaran lokal seperti Huawei, ZTE, Ti-Phone, Ivio, HT Mobile, Nexian, CSL Blueberry, Mito dan lain-lain yang tidak kalah oke spesifikasinya. Harganya pun relatif terjangkau. Brand-brand ini juga bisa dipertimbangkan karena pilihannya pun cukup banyak dan kecanggihannya sanggup menyaingi brand-brand kelas atas
Tanyakan masalah garansi kepada penjual, apakah barang tersebut bergaransi resmi atau tidak, karena beberapa distributor sekarang ini sudah memberlakukan garansi resmi sampai 2 tahun. Untuk baterai, asesoris seperti handsfree, charger dan lain-lain yang terdapat dalam dus biasanya berlaku garansi 1-3 bulan saja.
Semoga tipsnya bermanfaat. Jadi apa pilihan Smartphone Anda? Apabila Anda tetap memilih smartphone yang berspesifikasi tinggi tetapi dengan harga yang jauh lebih murah, Sebaiknya pilihlah smartphone bekas pakai yang masih berkondisi bagus atau jika Anda beruntung mungkin malah hampir seperti baru. Nantikan tips dari kita selanjutnya.(via)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...