senja 17 Headline...

12 Fakta Mengenai Kraton Wedding



Tanpa terasa perhelatan pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X telah memasuki hari terakhir. Rasa sukacita masih terlihat dari kedua mempelai, keluarga, maupun rakyat Yogyakarta.
Tak kalah dengan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton atau yang lebih dikenal dengan sebutan Royal Wedding, pernikahan ala Keraton ini pun mempunyai kemegahan tersendiri.
Berikut fakta-fakta seputar Perhelatan Akbar Pernikahan Gusti Kanjeng Ratu Bendara dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara:

1. Keraton Wedding dilaksanakan selama empat hari empat malam, dimulai sejak tanggal 16-19 Oktober 2011.

2. Resepsi pernikahan digelar di Kepatihan, tempat tinggal Patih Danurejo yang kini telah berganti fungsi menjadi kompleks kantor Gubernur DIY.

3. Calon mempelai Mujahadah (nyantri) di Masjid Panepen yang terletak di dalam kompleks Keraton. Mas Ubay dan Jeng Reni (panggilan akrab calon mempelai) akan mendapat wejangan seputar agama.

4. Acara siraman berlangsung pada hari Senin (17/10/2011) di Sekarkedhaton, wanita yang hadir wajib memakai kebaya tangkeban tanpa plisir dan sanggul tekut.

5. 18 orang perias dilibatkan dalam pernikahan ini. 18 orang tersebut terdiri dari 14 orang perias wanita dan 4 orang perias laki-laki.

6. 200 angkringan gratis disajikan di sepanjang jalan Malioboro pada tanggal 18 Oktober 2011. Angkringan dipersembahkan khusus oleh warga Yogyakarta sebagai wujud rasa sukacita dari rakyat untuk Keraton.

7. Kedua mempelai menggunakan kereta Kyai Jongwiyat peninggalan Sultan Hamengku Buwono VII yang selama ini disimpan di museum kereta di Jalan Rotowijayan dalam acara kirab pengantin.

8. Total ada 40 orang raja dari seluruh Nusantara hadir di Keraton Wedding ini. Antara lain Raja Kasunanan Cirebon Raja Siak, Raja Lombok, Raja Kasunanan Mangkunegaran, dan Raja Ternate.

9. Total 2.515 undangan yang hadir dalam puncak pernikahan.

10. Pada puncak acara pernikahan kemarin (18/10/2011) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir bersama Wakil Presiden Boediono, beserta 10 duta besar, beberapa tokoh, dan mantn Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Hamzah Haz.

11. Official Twitter @KratonWedding membuat Netizen merasa bangga serta salut. Karena berkat akun ini, tanpa hadir di Yogyakarta rangkaian acara pernikahan bisa disimak melalui linimasa.

12. Selain melalui official Twitter, Tumblr, foto-foto serta tweet-tweet mengenai pernikahan kedua mempelai bisa juga disimak melalui twiticker.com.

Selamat menempuh hidup baru Jeng Reni dan Mas Ubay. Semoga langgeng hingga kakek nenek.

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...